Sekolah Kuliner: Bukan Hanya Pendidikan Tapi Pengalaman

Memasak lebih merupakan sifat yang melekat daripada yang diperoleh. Karena fakta inilah memasak dianggap sebagai seni daripada pendidikan. Tetapi ini tidak berarti Anda tidak perlu pergi ke sekolah kuliner. Hanya melalui pendidikan yang baik akan seni inilah keterampilan seseorang dapat dikembangkan. Ada banyak keuntungan bersekolah di sekolah kuliner dan koki yang memiliki pendidikan formal yang layak memiliki keunggulan atas rekan-rekan mereka dalam banyak hal. Mari kita bahas 3 kelebihan utama pergi ke sekolah kuliner yang bagus:

1. Spesialisasi

Sebagian besar restoran mempekerjakan koki yang berspesialisasi dalam beberapa aspek makanan (Saucier, Patissier, Poissonier, Rotisseuretc.) Atau dalam memasak jenis hidangan tertentu. Mari kita lihat aspek-aspek tertentu di mana gelar kuliner dapat membantu Anda mengkhususkan diri:

a) Stylist: Orang dengan indra visual yang baik dapat mengembangkan seni ini. Ini termasuk menghiasi makanan yang sudah dimasak sehingga bisa terlihat menarik bersama dengan rasanya yang nikmat. Di sini, indera warna seseorang diuji saat pencampuran warna-warna cerah dilakukan untuk membuat makanan terlihat lebih menarik.

b) Katering: Sekolah kuliner tidak hanya melatih Anda menjadi koki yang baik, mereka juga menanamkan keterampilan untuk membantu Anda mengelola bisnis katering dengan lebih efektif. Sekolah melatih Anda untuk tidak hanya membuat hidangan lezat tetapi juga hidangan yang akan bertahan lama jika disajikan secara prasmanan.

c) Koki pribadi: Ada tren yang berkembang dari koki pribadi. Program memasak melatih Anda untuk memasak makanan yang mungkin berlangsung selama berminggu-minggu dan dapat dengan mudah dibekukan dan diambil kembali oleh klien selama durasi tersebut. Ini bisa menjadi pekerjaan yang menguntungkan secara finansial dan dengan demikian sekolah kuliner yang baik akan sangat menguntungkan Anda dalam hal ini.

d) Ahli gizi: Ahli gizi mempelajari ilmu makanan yang berbeda. Mereka menganalisis reaksi tubuh dari berbagai jenis makanan pada usia yang berbeda dan kemudian menawarkan keahlian mereka mengenai persyaratan diet yang harus dipenuhi oleh makanan tertentu. Program kuliner menyediakan kursus untuk membantu Anda berspesialisasi dalam bidang memasak ini.

e) Ilmuwan makanan: Anda juga bisa menjadi ilmuwan makanan dengan bantuan sekolah kuliner yang baik. Ilmuwan makanan mempelajari aspek teknis pengemasan, pemrosesan, dan pengawetan makanan.

2. Derajat

Ada berbagai gelar yang ditawarkan oleh sekolah memasak yang meliputi:

Diploma

Gelar Associate

Sarjana

Gelar Master

Ada banyak jenis koki di sebuah restoran dan jabatan yang ingin Anda capai sangat bergantung pada gelar yang Anda miliki dan sekolah yang Anda tuju. Anda tidak mungkin bermimpi menjadi koki eksekutif tanpa gelar master kecuali Anda memiliki pengalaman bertahun-tahun. Oleh karena itu, gelar memasak dapat membantu mempercepat promosi Anda dan dengan demikian berdampak besar pada gaji Anda …

3. Pengalaman Langsung

Sebagian besar sekolah kuliner memiliki koki berpengalaman untuk membimbing siswanya. Anda kemudian memiliki peluang besar untuk belajar banyak dari profesional lain saat Anda bersekolah di sekolah kuliner. Juga, sebagian besar sekolah kuliner mengharuskan siswanya untuk mempraktikkan pendidikan mereka di restoran milik perguruan tinggi atau beberapa restoran tempat mereka berafiliasi untuk tujuan pelatihan praktis. Sebagian besar sekolah kuliner memberikan penekanan besar pada pengalaman langsung yang dapat Anda peroleh dari aktivitas seperti keterlibatan komunitas atau dengan bekerja di industri.

Jadi, secara keseluruhan, sekolah kuliner tidak hanya mengajari Anda resep baru dan lebih baik. Mereka membantu Anda mengembangkan sifat-sifat yang mungkin menguntungkan Anda ketika Anda benar-benar mulai bekerja di industri makanan.Kuliner kota Malang